Lengkap! 12 Cara Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Namun, sebagai seseorang yang mempunyai jiwa nasionalisme tinggi, sebagai seorang warga negara yang baik, kita hendaknya bisa menghargai jasa para satria dan ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Cara Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia


 Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia Lengkap! 12 Cara Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Bendera Indonesia, via bersabda.com

1. Mendukung Perkembangan Produk Dalam Negeri


Jika beberapa tahun yang lalu, sempat heboh banyak yang memakai produk-produk dari luar negeri, namun ternyata kini semua itu bisa ditepis oleh para pengusaha lokal.

Walaupun memang benar, banyak produk-produk luar negeri yang bertebaran dengan kualitas yang tidak bisa dianggap remeh, namun Indonesia juga mempunyai jenis barang yang serupa yang tak boleh dianggap remeh pula.

Indonesia di kala milenial menyerupai kini ini sudah sangat pesat perkembangan dalam kewirausahaan, sehingga tidak menutup kemungkinan menjadi produsen handal dan bisa berekspansi dengan mengekspor produk-produk orisinil Indonesia yang berdaya saing internasional.

2. Ikut Serta Memajukan di Bidang Pendidikan


Sebagai seorang pelajar, kesuksesan di bidang pendidikan tak hanya terletak pada tenaga pengajarnya saja, melainkan tugas serta dari akseptor didik, kurikulum, menteri sebagai pemerintah dan lain sebagainya juga ikut ambil bab atas hal tersebut.

Sementara itu, kita sebagai seorang akseptor didik, untuk membantu memajukan sektor di bidang pendidikan, bisa dengan berguru ulet dan tekun, demi meraih hasil maksimal.

Tidak hanya itu saja, generasi yang elok juga tercipta dengan budaya sopan-santun dan keramahan yang terjalin, sehingga pelajaran yang didapat bukan hanya ilmu pengetahuan dan teknologi saja, melainkan juga ada pelajaran yang menyangkut soal kehidupan, salah satunya tata krama.

3. Melestarikan Budaya Asli Indonesia


Semakin maraknya budaya gila yang masuk ke Indonesia, harusnya kita sebagai warga negara yang baik bisa melaksanakan filter (penyaringan). Jika budaya gila tersebut baik, maka silakan diterima. Jika tidak, maka sebaliknya.

Budaya gila yang masuk ke Indonesia seharusnya dijadikan sebagai sebuah pelajaran atau introspeksi diri. Masalahnya, ada begitu banyak budaya di Indonesia, namun malah kita lebih peka terhadap budaya asing.

Setidaknya, kita tahu bertahap budaya yang ada di Indonesia. Jika tidak bisa menjaga atau melestarikan budaya Indonesia, setidaknya untuk tidak gampang mendapatkan budaya gila dan tidak merusak budaya lokal milik Indonesia.

4. Berkompetisi dalam Meraih Prestasi


Peserta didik memang mempunyai tujuan atau sasaran untuk dididik menjadi pribadi yang cerdas dan intelektual di dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, akseptor didik dituntut untuk menjadi pribadi yang bermoral dan santun terhadap sesama. Setelah itu, terciptalah sebuah kebanggan tersendiri yang dinamakan dengan prestasi.

Prestasi bukan hanya ketika berkompetisi dalam perlombaan, melainkan juga berkompetisi dalam kehidupan, berlomba-lomba menjadi orang yang baik dan berkhasiat di lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

5. Menggunakan Produk Dalam Negeri


Seperti yang telah kita ketahui pada poin pertama, bila produk-produk Indonesia kini berdaya saing cukup tinggi.

Produk dalam negeri sudah terbukti mempunyai kualitas yang dihentikan diremehkan begitu saja. Bahkan, ketenaran produk dalam negeri hampir menyamai produk luar negeri.

Maka dari itu, banggalah memakai produk buatan dalam negeri. Contohnya banyak, menyerupai pada baju, sepatu dan lain sebagainya, justru malah lebih elok produk dalam negeri.

6. Memperbaiki Sumber Daya Alam (SDA)


Sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dengan bijak atau baik, tentu bisa memperlihatkan efek yang baik juga bagi keberlangsungan hidup suatu individu atau suatu negara.

Jika sumber daya alam diolah dengan baik, menyerupai dimanfaatkan dalam hal yang positif dan masih dalam batas wajar, tentu itu akan sangat bermanfaat dan bisa mengurangi resiko terjadinya limbah.

Setidaknya bila menebang pohon untuk dijadikan kertas, alangkah baiknya alam diperbaiki lagi dengan ditanam kembali pohon yang serupa, biar ekosistem juga tetap terjaga.

7. Memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM)


Tidak hanya sumber daya alam saja yang perlu diperbaiki, melainkan sumber daya insan juga harus cerdas dan professional dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Sumber daya insan yang handal tentu akan berpikir dan tidak bertindak seenak jidat. Sumber daya insan hebat akan membuat tenaga kerja hebat dan berdaya saing.

Jika sumber daya insan hebat, tidak menutup kemungkinan Indonesia akan melahirkan sosok-sosok penting yang nantinya di generasi mendatang bisa membangun negara dengan teladan pikir hebat dan kritis mereka.

8. Menghormati Antar Sesama


Sikap saling menghormati dan menghargai kepada sesama juga dihentikan disepelekan begitu saja.

Jika kita disepelekan oleh orang lain, apa kita terima? Tentu tidak, bukan? Maka dari itu, berguru untuk menghormati dan menghargai orang lain terlebih dahulu.

Dengan menghormati dan menghargai juga membuat masyarakat lebih merasa aman, hening dan tenteram, sehingga tidak timbul konflik persaudaraan.

9. Menaati Peraturan dan Tata Tertib di Sekolah


Hidup di dunia tentu mempunyai hukum masing-masing, yang sudah diatur dalam agama masing-masing.

Sama halnya dengan menimba ilmu di sekolah, ada peraturan dan tata tertib yang wajib ditaati oleh setiap individu di sekolah tersebut.

Demi tercipta akseptor didik yang bermoral, maka akseptor didik harus taat dan tunduk atas segala peraturan dan tata tertib yang sudah dibuat. Peraturan dibentuk untuk ditaati, bukan untuk dilanggar.

10. Mengenalkan Budaya Indonesia Kepada Dunia


Tahu tidak, bila sebenarnya, orang gila itu mempunyai rasa ingin tahu dan ketertarikan yang cukup besar dengan budaya Indonesia?

Mengapa demikian? Karena budaya Indonesia yang begitu beraneka ragam, unik dan tidak ditemui di negara para warga negara gila tersebut.

Maka dari itu, cobalah kita untuk mengenalkan kepada dunia ihwal budaya yang kita miliki, biar budaya kita sendiri tidak diklaim oleh negara-negara lain, karena budaya ialah aset yang tak ternilai harganya.

Artikel terkait :

11. Siap Sedia dalam Membela Tanah Air


Jika dirasa ada ancaman dari luar yang masuk ke Indonesia, alangkah baiknya kita semua sebagai penduduk suatu negara harus siap sedia untuk mengatasi dan menolak ancaman tersebut.

Ancaman dari dalam maupun dari luar memang tidak bisa diprediksi kapan akan datang. Akan tetapi, bila kita membekali diri dengan ilmu, maka kita tidak akan gampang terprovokasi dan terhasut.

Maka dari itu, tidak hanya aparatur negara saja yang membela Tanah Air, melainkan kita semua sebagai warga negara yang baik juga harus siap ketika dibebankan untuk membela Tanah Air.

12. Menolak Campur Tangan atau Intervensi Asing


Jika terdapat suatu masalah di dalam suatu negara, alangkah baiknya masalah tersebut ditutup rapat biar tidak luber ke negara tetangga, alasannya ialah ini ancaman bisa dipelintir.

Selesaikan masalah yang ada dengan musyawarah, mendapatkan masukan dari yang lain dan tidak egois dalam menanggapi suatu masalah. Yang terpenting, harus dengan pikiran yang terbuka.

Tolak saja bila ada campur tangan gila yang katanya membantu masalah, apalagi masalah vital ihwal suatu negara, bisa-bisa mereka sedang memanfaatkan situasi untuk memecah belah kita.

Akan tetapi, lihat dulu campur tangan gila dalam hal apa? Jika mereka ikut serta membantu dalam hal musibah yang terjadi di Indonesia, maka diterima saja dan dihentikan menolak.

Namun, bila sudah menyangkut dilema suatu negara, menyerupai halnya pemerintahan, maka jangan sesekali mengikuti teladan pikir dari campur tangan asing, alasannya ialah bisa jadi itu ialah suatu jebakan.

Kesimpulan

Mempertahankan kemerdekaan Indonesia itu harus dimulai dari hati dan mengawalinya dengan niat. Tentu siapa saja bisa ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Terlebih, kita sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa, jangan gampang terprovokasi. Sebagai generasi muda, justru harus bisa cerdas dalam menyikapi segala sesuatu dan mengambil mana yang baik, membuang yang buruk.

Belum ada Komentar untuk "Lengkap! 12 Cara Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel